PERPUSTAKAAN LENTERA ILMU DUKUNG GELAR KARYA

SMA Negeri 1 Blora terpilih menjadi sekolah penggerak pada tahun 2023. Maka sekolah ini terus berbenah dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Salah satu program dalam Kurikulum Merdeka adalah  P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). SMA Negeri 1 Blora mengadakan gelar karya yang diikuti oleh seluruh murid kelas X pada hari Senin, 6 Maret 2023. Tema P5 kali ini adalah “BEREKAYASA DAN BERTEKNOLOGI INDUSTRI KREATIF”. Dalam projek ini, para murid diharapkan mampu berekayasa dan berteknologi dalam industri kreatif. Selain itu, projek ini juga diharapkan mampu menyalurkan bakat dan minat murid melalui karya mereka, baik dalam bentuk makanan maupun barang.

Sebelu murid membuat karya murid diminta mencari sumber belajar yang relevan dengan karya yang akan dibuat. Murid mencari sumber-sumber tersebut di internet dan perpustakaan. Mereka mencari buku yang mendukung rancangan produk yang berkaitan dengan rekayasa dan teknologi industry kreatif.

Setelah mereka membuat karya, hasilnya kemudian akan dipamerkan. Kegiatan ini disebut dengan Gelar Karya. Dalam Gelar Karya, para murid diminta untuk menyediakan tester produk mereka jika produk yang dihasilkan berbentuk makanan atau minuman. Selain itu untuk para murid yang membuat produk dalam bentuk barang, mereka diminta untuk memamerkan replika dari barang tersebut. Selanjutnya dalam P5 ini, para  murid  juga diminta untuk membuat proposal dan laporan.

Tak hanya itu, para murid juga dilatih membuat poster, video iklan, dll. Pertama, murid diminta untuk membuat poster tentang produk mereka layaknya orang yang sedang berdagang. Lalu, mereka juga diminta untuk membuat video iklan untuk mempromosikan produk mereka dengan semenarik mungkin agar dapat menarik pelanggan. Video iklan yang dibuat juga harus dapat memberikan informasi kepada penontonnya tanpa membuat orang yang menonton merasa bosan.

Kemudian, murid diminta untuk membuat packaging pada setiap produk mereka yang dilengkapi dengan label produk dan logo produk. Hal ini tentu bermanfaat bagi murid dalam belajar mendesain, agar setelah P5 ini mereka dapat lebih menguasai dalam bidang desain terutama desain digital. Dalam P5 ini, para murid melakukannya dengan sungguh-sungguh dan antusias. Terbukti dari produk mereka yang dipamerkan dan cara mereka mempromosikan produknya, yang terkesan baik untuk mereka yang sebelumnya belum pernah melakukan ini. Dari mulai membuat proposal sampai laporan, mereka berusaha melakukan yang terbaik. Sesuai dengan tujuan dari dilakukannya P5 ini, yaitu dapat membuat murid Berekayasa dan Berteknologi Industri Kreatif.

Oh ya, para murid juga diminta untuk menjual produk mereka, lho. Hal tersebut dilakukan pada kegiatan Gelar Karya. Uniknya, banyak murid yang dapat menjual produk mereka dalam jumlah besar. Bahkan sampai mengadakan PO (Pre Order). Keren kan? Keren dong. Jadi, mereka tak hanya mendapatkan nilai namun juga mendapatkan keuntungan dari penjualan produk. Para murid masih dapat menjual produk setelah kegiatan P5 ini berakhir, jika mau. Karena setidaknya mereka sudah memiliki pasar yaitu  para murid SMA Negeri 1 Blora, dan produknya sudah pernah dikenal oleh pembeli yang menjadi sasaran pasar mereka. Jadi, bagaimana menurut kamu P5 yang kedua ini? Yuk berikan pendapat dan saranmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top