HEBAT, M. ZAIDAN JAUZA’AQILA DITERIMA DI LIMA PERGURUAN TINGGI DI LUAR NEGERI

LUAR BIASA!! Siswa SMA Negeri 1 Blora memborong prestasi sekaligus menjadi awardee Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains!! Siapakah dia? Siswa tersebut ialah M. Zaidan Jauza’Aqila. Dengan ambisi yang kuat  dan prestasi yang ia milik tak heran menjadi salah satu penerima beasiswa karena perjuangan kerasnya! For your information Zaidan termasuk salah satu siswa yang rajin mengunjungi dan pinkam buku di Perpustakaan Lentera Ilmu lho.

Apa alasan mas Zaidan ingin melanjutkan sekolah menengahnya di SMA N 1 Blora?

Sejak dulu setelah lulus dari SMP Negeri 1 Blora saya memang berniat akan melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Blora melalui jalur prestasi. Banyak alasan yang menjadi pertimbangan diantaranya adalah SMA Negeri 1 Blora merupakan SMA terbaik di Kabupaten Blora dimana telah berhasil mencetak siswa dan siswi berprestasi dan alumni-alumninya yang menjadi orang-orang sukses dan berpengaruh di negeri ini.

Apakah ada pengalaman dalam berorganisasi selama bersekolah di SMA N 1 Blora?

Selama bersekolah di SMA Negeri 1 Blora saya ikut dalam organisasi ROHIS dan pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Syiar Kreasi Seni (SKS) walaupun tidak genap sampai akhir masa kepengurusan saat menjabat posisi tersebut karena saya harus mengikuti pembinaan terpusat Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains di Denpasar Bali saat kelas 11. Selain itu saya juga ikut dalam ekskul KRENOVA dan alhamdulillah saya mencetak prestasi dalam lomba KRENOVA

Prestasi yang sudah diraih selama bersekolah di SMA N 1 Blora?

Selama saya bersekolah di SMA Negeri 1 Blora, saya menorehkan banyak prestasi dalam bidang riset, sains dan teknologi berdasarkan kemampuan dan bakat saya dibidang tersebut terutama dibidang biologi, riset dan inovasi, serta karya ilmiah. Prestasi-prestasi yang telah berhasil saya raih diantaranya:

1. Peraih medali emas bidang Biologi dalam _Indonesian Olympiad of Science_ (IOS) tingkat nasional 2021

2. Peraih medali emas bidang Fisika dalam _Indonesian Olympiad of Science_ (IOS) tingkat nasional 2021

3. Peraih medali emas bidang Biologi dalam _Nusantara Biology Competition_ 2021

4. Finalis _National Young Inventors Award_ (NYIA) BRIN 2021

5. Juara 1 KRENOVA Blora 2021

6. _Bronze Medal National Invention Project Contest_ (NIPC) 2022

7. Juara 2 Nasional Menulis Artikel keris yang diselenggarakan oleh Sekretariat

Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI)

Bagaimana cerita singkat bagaimana mas Zaidan bisa di terima di berbagai univ luar negeri?

Saya mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju melalui jalur afirmasi taman sains dan saya merupakan angkatan ke 2 dari beasiswa ini. Dimana untuk seleksinya berdasarkan penelusuran jejak prestasi serta kemampuan yang dimiliki siswa dan saya memiliki prestasi dan keahlian dibidang biologi dan riset inovasi. Beasiswa ini sangat terbatas dan hanya

beberapa sekolah yang diundang untuk mengirimkan kandidat untuk diseleksi. Pada akhirnya

diambil 50 siswa dari 3 provinsi (Sumatra Utara, Jawa Tengah dan Bali) yang terdiri dari 29 siswa Sumatra Utara, 13 siswa Jawa Tengah dan 8 siswa Bali.

Selama 1 tahun kami mendapat pembinaan di LPMP Bali untuk persiapan kuliah serta setiap harinya diberi penguatan materi pelajaran lanjutan Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris dan Ilmu Sistem Komputer dan Komputasi untuk bekal nanti kuliah di luar negeri. Selain itu kami juga mendapat pelatihan intensif untuk IELTS, SAT, essay dan CV sebagai penunjang pendaftaran universitas. Selama menjadi awardee beasiswa ini para kandidat diberikan kesempatan untuk mendaftar di 8 universitas yang sudah ditentukan oleh PUSPRESNAS, dimana universitas tersebut masuk dalam rangking 100 besar terbaik di dunia.

 Setelah melalui proses yang panjang, para awardee mendapatkan pembiayaan penuh dari Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains mulai dari pembinaan terpusat di Bali serta biaya penuh kuliah luar negeri ( _fully funded_) pada universitas yang didapatkannya. Pada akhirnya saya diterima masuk pada 5 universitas pilihan saya yaitu:

1. National Taiwan University (NTU) jurusan _Biotechnology and Food Nutrition

2. The University of British Columbia (UBC) jurusan _Science ( Oceanography and Chemistry)

3. The University of Toronto Mississauga (UofT) jurusan _Life Sciences (Biotechnology)

4. McMaster University -> 3 jurusan:

 _Health and Society

 _Environmental & Earth Science

 _Philosophy and Biology (Humanities)

5. The University of Western Australia jurusan _Biomedical Science_

Saya merasa bangga menjadi siswa SMAN 1 Blora dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah, bapak ibu guru atas ilmu dan bimbingannya sehingga saya bisa menjadi awardee Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains. Pesan untuk teman-teman dan adik kelas semua kejarlah mimpimu jangan pernah takut untuk mencoba, bila dirimu ada kekurangan jangan jadikan penghalang, bila ada yang meremehkan jadikan motivasi untuk bisa lebih baik. Kesuksesan itu bukan hanya milik orang pintar tapi juga milik orang yang mau berusaha. Saya yakin semua orang terutama siswa-siswi SMAN 1 Blora bisa menjadi seperti saya dan mendapat beasiswa jika memiliki tekad yang kuat serta mau berjuang meraih mimpinya. Ayo semangat !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top