AKSI BERGIZI CEGAH ANEMIA DI SMA N 1 BLORA

SMA Negeri 1 Blora bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora menggelar Event yang bertajuk Aksi Bergizi pada hari Jumat, 17 Februari 2023. Acara ini hanya diikuti oleh para murid perempuan. Semua peserta kegiatan mengenakan pakaian berwarna oranye yang telah dibagikan oleh narasumber, lho. Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah para ahli gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Tujuan dari event ini yaitu untuk mengedukasi para peserta didik, tentang betapa pentingnya gizi seimbang. Terlebih pada usia pelajar yang tergolong masih dalam masa pertumbuhan. Narasumber dalam event ini menjelaskan bagaimana cara mendapatkan gizi seimbang. Selain menyampaikan informasi mengenai gizi seimbang nursumher juga memberikan edukasi tentang bagaya anemia. Ternyata para perempuan memiliki risiko lebih besar mengidup anemia, daripada Iaki-laki, lho. Kok bisa?

Kaum perempuan yang telah akil balig, secara periodik setiap bulan mengeluarkan darah, yaitu pada masa menstruasi. Sehingga perempuan berpeluang mengidap anemia lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Menurut materi yang disampaikan oleh para narasumber, anemia dapat dicegah dengan cara meminum tablet tambah darah, setidaknya sekali dalam minggu. Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zat besi dan asam folat, seperti daging, sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, roti, dan buah-buahan.

Kegiatan dalam event ini tidak hanya berupa penyampaian materi tentang Gizi Seimbang dan Cara Pencegahan Anemia, tetapi juga memberikan fasilitas cek kesehatan gratis bagi peserta. Apabila ada peserta yang mengalami gejala anemia, maka akan diberikan tablet tambah darah, secara gratis pula. Tak hanya itu, event ini juga menyediakan suvenir bagi peserta. berupa notes yang berisi edukasi tentang kesehatan. Pada notes tersebut, juga terdapat halaman-halaman kosong yang dapat dimanfaatkan untuk menulis catatan. Gimana, seru kan?

Nah, Buku-buku tentang gizi juga tersedia lho di Perpustakaan Lentera Ilmu. Yuk, kunjungi perpustakaan untuk membaca sumber pengetahuan tentang gizi seimbang dan pencegahan anemia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top